Senin, 12 September 2011

Speechless


<!--[if gte mso 9]> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE

Moment-moment dimana tidak bisa berkata-kata atau speechless…

Ada bermacam macam speechless, karena kecewa, karena kesel, karena kaget, terlalu senang, karena ngobrol dgn orang ngeyel, dan masih banyak yang speechless lainnya. Dan gua banyak ngalamin kejadian ini, kejadian yang buat mata membelalak, mendengus, dan menggeleng tak percaya….

Hari minggu adalah saat jadwal gua padet, dengan agenda nyapu, ngepel, nguras bak mandi, dan tidur siang….(he2). Jadi saat gua lagi ngepel rumah diiringi dengan musik, datenglah Nimah tetangga gua yang maaf, agak kurang (eits bukan gua ngejelekin dia ya, tapi tanya aja tetangga sekitar rumah gua “kenal nimah gak??” dan lo dapet semua jawaban yang gua maksud :D) Nimah masih diurus dengan keluarganya, dia memang deket dgn nenek uwan (my grandma) karena nek uwan kasian dgn dia jadi kalo mau maen boleh-boleh aja, Kalo nimah dateng jauh sebelum dia buka pager rumah, kita dah bisa denger teriakan dia, “Yurni, Yurni!!” manggil gua dengan nama adik nyokap gua yang bungsu, dan dulu selalu gua perbaiki tapi lama-kelamaan gua ikhlas dipanggil yurni ma nimah (capek soalnya), lagian bukan gua aja yang dipanggil ngarang ma nimah ada sepupu gua Aji namanya dipanggil Oji (Mungkin yg dia inget Ozi si manis jembatan ancol ha2 ) dan aji-pun ikhlas dipanggil oji ma nimah (sama kasusnya dgn gua), back to the story Nimah dateng kerumah hari itu dan mulai banyak cerita hal karangannya, dan terus masuk ke dalem rumah dengen tetep make sendalnya, posisi gua kan lagi ngepel dan capek ya jadi langsung gua ngomel “Nimah lo kalo masuk rumah sendalnya dicopot, gua abis ngepel” bukannya keluar lagi dari rumah dan ngelepas sendalnya, dia malah terus jojong masuk ke dapur dan bilang “Alah!! masuk rumah Pak Harto aja sepatunya gak dicopot!!” haaaah???? siiiiiiiing…….. gua gak tau harus ngomong apa?? Ada yang tau?? Hahaha

Terus gua speechless karena my auntie “cicik ati”, ceritanya gua baru pulang di sore hari dan duduk di teras depan dengan cik ati kita ngomongin pohon duren depan rumah, yang ditanam Alm nenek lanang (my grandpa) dari gua SD sampe sekarang kok belum ada tanda mau bebuah juga, kembangnya aja gak ada. jadi cicik ati cerita kalo ada temennya nanem pohon duren 5 tahun udah be-buah, dan ternyata kata cicik ati ada rahasianya supaya pohon cepat berbuah, dengan mata penuh keseriusan, dan memelankan suaranya seakan itu adalah rahasia CIA ia mengutarakan rahasia dibalik duren yang berbuah, dan rahasianya adalah itu pohon duren kudu diambilin golok terus tebas dikit-dikit batangnya sambil ngomel “ awas ya kalo sampe gak bebuah tahun ini kita tebang kamu ya awas ya” terus ngomel berulang-ulang sambil tetap menebas batang pohon pake golok, cerita cicik gua penuh semangat. haaaah??? Double haaaah?? Triple haaahh?? Dan gua yang duduk disampingnya gak bisa ngomong apa-apa, seminggu setelahnya gua tambah speechless karena gua liat ada tebasan – tebasan di batang pohon duren…. Astaga!! ^_^

Speechless gua yang ketiga terjadi ketika gua ngobrol-ngobrol dengan nek uwan, gua sangat suka mendengarkan cerita semua orang tentang kehidupannya, asal dalam situasi ngobrol ya I mean 50% mendengarkan 50% bicara karena itu yang dinamakan berkomunikasi. Jadi gua dengerin kisah nenek uwan waktu muda tentang ayahnya (buyut eke) yang pelihara sapi, bebek, ikan, sawah, sayur (sawah dan sayur dipelihara ya?? he) dan jaman nenek uwan masih jaman belanda jadi setiap panen berasnya disumputin dilubang-lubang yang udah disiapkan terus ditutup lagi dengan tanah, kalo gak diambil ama belanda atau pasukan jepang. begitu juga dengan gadis-gadisnya asal udah agak mengkel dikit (mangga kali) bisa diambil paksa dengan pasukan itu, jadi si gadis juga disumputin eitss jangan menduga si gadis disediain lobang dan ditutup pake tanah lagi ya! Bisa metong anak orang!! Para gadis disumputinnya di loteng, dan nek uwan juga bilang saat itu susah banged dapetin baju, karena gak ada tempat untuk belinya, jadi baju dijait dari karung goni dan pake karung goni sebagai baju itu gatelll banget, banyak yang diceritain nenek uwan sampai tibalah di bagian cerita dimasa nek uwan menjadi seorang gadis (pernah muda ya? Ha2) dia bilang seperti ini “aku dulu waktu gadis baguuuus benar, besak, gemuk, putih , mulus lok sapi” Toeng-toeeng?? Sapi?? Seketika itu gw ketawa gak bisa ngomong lagi, Bayangin aja standar bagusnya gadis jaman itu sapi….. :D

Speechless gua yang terjadi dengan a’an a.k.a farhan a.k.a anto, sepupu gua yang sekarang umurnya 10 tahun, sebenernya aan banyak membuat banyak orang speechless, udah banyak kok yang mengakuinya, karena jawaban dia yang bener2 nyeleneh untuk anak seumuran dia, bahkan ada temen kuliah gua “Bagus” ngefans banget ma a’an karena tiap di ke rumah ada aja jawaban a’an yang asal banget, Jadi pernah suatu malem gua ngeliat aan dan gilbert abangnya (nama aslinya gilang), pulang dari ngaji pake kopiah, pake sarung dengan iqra’ ditangannya, setelah mereka pulang dari depan rumah gua nanya “ darimana anto dan gilbert??” a’an jawab dengan entengnya “dari ngajilah, masa abis maen judi??!!” nah loh, speechless gak dengernya? jadi gua cuma bisa nyengir sendiri denger jawaban a’an yang seakan-akan menyindir gua “udah deh gak usah basa-basi, basi tauu!!” hee nice a’an!!

Aan back!! Lagi – lagi sepupu gua yang satu itu membuat gua speechless, ceritanya gini gua dan eno sepupu gua yang cewek lagi kasih makan kucing kita yang bernama utingna, jadi sambil kasih makan, eno bilang ke gua kalo si utingna sekarang udah jadi janda karena suaminya (kucingnya Ivan tetangga sebelah) udah meninggal, yah jadi kita berdua ngobrol tentang kasian bgd si utingna, janda kucing yang malang, tiba -tiba aan muncul dengan polosnya ngomong, “kakak utingna itu bukan janda, dia itu cuma cinta satu malam dengan kucingnya ivan” haaah?? Haaah?? Buahahaha, gua dengan eno hanya bisa seliat – liatan dan ngakak. Ckckckc anak jaman sekarang…

bertambah lagi daftar speechless gua, saat itu gua lagi beneran niat mau ngerjain tugas di perpustakaan universitas, dateng dengan hati sekuat baja pokoknya hari itu tugas harus kelar apapun yang terjadi, kalo perlu gua pake iketan anduk dikepala untuk membuktikan keseriusan gua, sampe di perpus gua menuju ruang referensi soalnya bukunya disana agak bagusan gak kumel-kumel banget, buku yang dicari udah gw dapet dan mulai ngerjain, kira-kira15 menit berselang kok ada suara teng-teng-teng-teng teng tengteng teng "kuhamil duluan sudah tiga bulan, gara-gara pacaran gelap-gelapan" masyaAllah penjaga perpusnya nyetel lagu ini, kuat-kuat lagi, kesel banget sampe gua gak bisa berkata apa-apa lagi, bayangpun perpus lambang suci universitas ternoda, dan satu menit berselang ternyata kepala gua mulai mengikuti irama teng teng teng teng teng teng asek-asek "aaahhh.... aku hamil duluan" nyanyi gua dalam hati oh tidak-tidakkkkk!!! speechless deh!

lagi-lagi gua speechless, tapi kalo yang ini gua gak bisa dan gak boleh ngomong apa-apa kalo gak bisa-bisa berbahaya bagi keamanan jiwa dan raga gua, jadi gini gua pulang kuliah naek angkot dengan sopir yang berbadan besar, sepanjang jalan dia ngeluarin omong kosong terus, godain setiap cewek yang dia lewatin, mau nempeleng orang lah, ngatain polisi lah (emang si polisi lagi jelek di media, secara kasus sendal jepit), dan masih banyak kelakuan yang ngeselin lainnya, semua penumpang keliatan deh mukanya udah enek banget termasuk gua, akhirnya gua turun dan gua ngasi ongkos ke supir itu, pas dia kasi kembalian gua liat tato di tangannya gede banget gambar hati terbelah dengan tulisan "Brokhen Homd" mungkin maksudnya "Broken home" kali ya tapi salah pengejaan, otomatis gua gak bisa berkata apa-apa sayang banget udah tato gede banget tulisannya salah... ckckck tapi mau diapain gua gak mungkin ngomong jadi gua diem aja dan langsung cepet-cepet pergi, sampe rumah masi kepikiran "sayang banget udah tatonya gede tulisannya salah" hehehe maap ini mah bang bos! :D


Udah deh segitu aja sejauh ini yang bisa gua inget tentang speechless yang pernah gua alamin, aneh-aneh ya?? sebenarnya banyak yang membuat gua speechless didunia ini, speechless yang menohok dada, yang rasanya sakit juga pernah gua rasain. Tapi gua gak berniat bahas hal-hal berat. Karena hidup udah berat, berat gua sendiri udah berat, kok gak turun – turun ya? Padahal gua udah jarang ketemu nasi, tapi sekali ketemu abis sebakul (kok jadi ngomongin berat badan?) sebelum semakin ngawur, kita sudahi saja…

Bye bye!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar